Khasiat Nabawi Kebiasaan Suami Lari Bersama Istri

sehatnabawi – Ini khasiat Nabawi yang jarang diketahui, yaitu kebiasaan suami lari bersama istri. Adalah Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallah mengajak istrinya, Aisyah, untuk berlomba lari dengannya. Rasulullah kalah. Lain kali Rasulullah kembali mengajak Aisyah berlomba lari dan Rasulullah memenangkannya sehingga beliau tertawa seraya berkata, “Ini pembalasan yang dulu.” Begitu Imam Ahmad dan Abu Dawud menceritakan dalam hadisnya. Kata Muhammad Abdul Halim Hamid, hadis ini shahih.

RASULULLAH, seorang manusia yang memiliki kesibukan luar biasa untuk berbagai keperluan, sejak dari melayani masyarakat sampai dengan mencari ma’isyah (penghidupan keluarga). Tetapi beliau masih sempat bercanda dengan istri-istrinya dengan canda yang mungkin tidak akan dilakukan oleh seorang pemimpin tingkat kabupaten sekalipun, padahal beliau pemimpin dunia saat itu. Kebiasaan yang barangkali luput dari kita, yaitu kebiasaan beliau mengajak lari bersama istrinya, Aisyah Radhiyallahu’anha.

Apa saja manfaat lari bagi kesehatan tubuh?

Berikut kami kutipkan dari hellosehat beberapa manfaat lari bagi kita baik secara fisik maupun mental;

Bikin bahagia

Ya, setiap olahraga yang Anda lakukan bisa membuat Anda merasa bahagia — termasuk juga lari. Manfaat lari yang membahagiakan ini disebut juga dengan “Runner’s high“. Menurut sebuah penelitian, lari merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi hormon endocannabinoid dalam jumlah besar.

Endocannabinoid adalag hormon yang bertugas membuat Anda merasa senang. Endocannabinoid merupakan hormon yang unik karena memiliki efek yang sama seperti saat tubuh merespon rangsangan cannabis atau ganja. Hormon ini diduga memiliki efek euforia yang lebih kuat dibandingkan endorfin karena ketika endorfin hanya diproduksi bagian tertentu, endocannabinoid dapat diproduksi di berbagai sel tubuh. Lari juga dipercaya dapat meningkatkan mood dengan segera pada mereka yang menderita depresi.

Menurunkan berat badan

Lari membuat Anda tetap bugar karena olahraga kardio ini membakar lemak dengan cepat. Lari membantu mengurangi berat berlebih dan menjaga berat badan Anda secara konsisten. Tubuh akan terus membakar kalori bahkan setelah Anda menyelesaikan sesi lari, dan Anda bahkan tidak perlu lari secepat kilat untuk mencapai manfaat tersebut.

Sains telah membuktikan bahwa tubuh mendapatkan manfaat bahkan dari olahraga intensitas rendah sekalipun. Namun, lari dapat membuat Anda ingin makan lebih banyak. Yang penting, jangan jadikan olahraga sebagai alasan Anda untuk makan apapun yang Anda inginkan. Jika Anda tidak mengatur pola makan, sesi lari Anda akan jadi pengorbanan yang sia-sia.

Menajamkan otak

Fungsi kognitif otak mulai merosot sering bertambahnya usia, sehingga kemampuan Anda untuk berpikir dan bahkan mengingat juga semakin sulit. Bukannya tidak mungkin penurunan fungsi otak lama kelamaan bisa membuat Anda pikun atau malah kehilangan ingatan. Untuk mencegahnya, mulailah berlari. Melawan gangguan kognitif yang terkait usia adalah salah sat manfaat lari yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Orang usia lanjut yang rutin berlari dilaporkan memiliki ketajaman ingatan yang lebih baik dan rentang fokus yang lebih lama. Mereka juga mendapatkan nilai yang lebih tinggi pada tes mental secara keseluruhan daripada mereka yang menjalani kehidupan sedentari. Kemampuan kognitif pasien penyintas stroke juga dilaporkan meningkat hingga 50% saat menjalani latihan fisik yang rutin.

Jasmani yang sehat

Manfaat lari itu sendiri bukanlah obat mujarab penyembuh segala macam penyakit. Namun olahraga ini dapat mencegah berbagai penyakit. Pelari wanita memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Berlari juga mengurangi risiko Anda untuk terkena stroke. Banyak dokter menganjurkan olahraga lari sebagai bagian dari rencana pengobatan untuk penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Saat berlari, arteri dan jantung Anda menjadi lebih kuat, sehingga mengurangi risiko Anda untuk terkena henti jantung. Lari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, yang berujung pada peningkatan kesehatan secara keseluruhan.

Inspirasi Sehat Nabawi

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , beliau berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allâh (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah.

Demikian posting kali ini, khasiat Nabawi yang jarang diketahui, yaitu kebiasaan suami lari bersama istri. Semoga bermanfaat!

Takhrij Hadits:
Hadits ini shahîh. Diriwayatkan oleh Muslim (no. 2664); Ahmad (II/366, 370); Ibnu Mâjah (no. 79, 4168); an-Nasâ-i dalam Amalul Yaum wal Lailah (no. 626, 627); at-Thahawi dalam Syarh Musykilil Aatsâr (no. 259, 260, 262); Ibnu Abi Ashim dalam Kitab as-Sunnah (no. 356).
Dishahihkan oleh Syaikh al-Bani rahimahullah dalam Hidâyatur Ruwât ila Takhrîji Ahâdîtsil Mashâbîh wal Misykât (no. 5228).

Referensi:
AlQuran
Assunnah
Hellosehat.com

admin

SehatNabawi - Meneladani Inspirasi Sehat Nabawi. Kontak kami: admin@sehatnabawi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *